Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Audiophile?


Audiophile – Kamu mungkin adalah pecinta musik dan suka mendengarnya melalui perangkat audio kapan pun. Namun, apakah itu berarti kamu adalah seorang audiophile? Belum tentu. 

Hanya karena kamu mengoleksi semua lagu salah satu artis di smartphone, bukan berarti kamu adalah seorang pengagum audio tinggi. Beberapa indikator seperti pengetahuanmu tentang teknologi musik, alat-alat yang kamu gunakan, dan seberapa sensitif telingamu terhadap kualitas audio menjadi penentu apakah kamu seorang audiophile atau tidak. Mungkin sebagian darimu belum tahu dan tidak bisa menjelaskan secara rinci apa itu audiophile dan apakah kamu termasuk salah satunya. Untuk itu, yuk, simak ulasan berikut ini!

Apa Itu Audiophile?

Sacara sederhananya, audiophile adalah seseorang yang sangat tertarik pada reproduksi suara dengan kualitas tinggi. Kata audiophile sendiri berasal dari bahasa Latin, yaitu audio dan bahasa Yunani, yaitu philos. Audio dalam bahasa Latin artinya mendengar. Sedangkan philos dalam bahasa Yunani artinya orang yang suka dengan kualitas suara tinggi melalui alat-alat high-end. Jadi, bisa disimpulkan bahwa seorang audiophile adalah orang-orang yang sangat memperhatikan detail dan kualitas suara. Orang yang mengalami kondisi ini biasanya tidak akan puas jika mendengarkan lagu atau menonton video musik dengan kualitas suara rendah atau pas-pasan.

Apakah kamu seorang Audiophile? lihat tanda-tandanya

  • Hafal Semua Teknologi Audio

Kamu suka mencari tahu tentang bagaimana teknologi dapat mengubah kualitas suara audio. Beberapa orang mungkin menyebutmu sebagai orang yang tahu segalanya tentang teknologi dan tren audio terbaru. 

Kamu paham dan mengerti penggunaan aspek-aspek audio yang dapat meningkatkan kualitas serta jangkauan suara. Kalau kamu benar-benar tertarik dengan hal-hal tersebut, wah, bisa saja kamu termasuk dalam kategori audiophile ya, Toppers. 

  • Mimpi Jadi Audio Engineer

Ketika anak-anak lain di kelas ingin menjadi dokter, astronot dan bintang rock, kamu selalu bermimpi menjadi seorang teknisi suara atau audio engineer. Kamu sangat ingin menjadi bagian penting dari proses perekaman musik dan bekerja dengan beberapa nama besar di dunia musik.

Selain itu, kamu juga tertarik membaca tentang produser musik, audio engineers, dan sound mixer yang ada di luaran sana. Kamu suka belajar tentang pengaruh mereka terhadap lagu-lagu top hari ini, sesi rekaman favorit mereka dan teman-teman bintang musik mereka. 

  • Paham Sejarah dan Istilah dalam Dunia Audio

Beberapa istilah seperti lossless compression, DSD file hingga analog original source sangat kamu pahami. Bahkan, kamu sering menggunakan frasa ini saat berdiskusi bersama teman-teman yang juga terobsesi dengan audio. 

Kamu tidak hanya mengetahui jargon audiophile terbaru, tetapi juga memiliki pengetahuan tentang teknologi audio yang menjadi volunteer untuk kemajuan audio saat ini. Kamu sangat  menyukai segala informasi tentang audio baik termasuk sejarahnya.

Itulah artikel tentang Apa Itu Audiophile? semoga artikel ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan untuk mengetahui lebih jauh tentang Audiophile. ingin mencoba jenis musik Audiophole silahkan order paket lagunya dengan format MP3 dibawah ini :

Sumber : Tokopedia